Aep Saepurrahman: FITK Secara Struktural Sudah Mapan




Tarbiyah, Paradigma Online
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara struktural sudah mapan, sedangkan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Jati Bandung belum mapan. Secara aturannya tidak punya ketua jurusan dan sekretaris jurusan.
Demikian disampaikan Aep Saepurrahman, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sunan Gunung Jati Bandung, saat ditemui Paradigma, Jum’at (11/04/2014).
"Secara struktur akademiknya,  kalau kita itu prodi dan lingkupnya lebih kecil ketimbang jurusan. Kalau di FITK UIN Sunan Kalijaga ini jelas, lingkupnya lebih besar, otomatis ada ketua jurusan dan sekretaris jurusan serta ada staf murni. Berbeda dengan di kita, tidak punya staf, ketua jurusan dan sekretaris jurusan. Tapi pihak fakultas mengangkat staf yang sifatnya kontrak.” Ungkap Saepurrahman.
Sedangkan dalam hal pembelajaran, Saepurrahman menjelaskan bahwa di FITK UIN Sunan Kalijaga mulai teratur, berdasarkan kurikulum baru hasil evaluasi. “Dalam bidang bahasa sudah dirumpunkan, sehingga efektivitas bahasa menonjol jika dilihat dari kurikulumnya. Kalau di tempat kami, masih banyak mata kuliah yang tumpang tindih (Overlap), hal ini menjadi salah satu masukan.” Tandasnya.
Aep Saepurrahman menjelaskan bahwa untuk mengasah keahlian bahasa, PBA UIN Sunan Gunung Jati dengan sistem asrama. Adapun mahasiswa baru wajib masuk dalam asrama tersebut.
Sholikhin
Editor: Nur Tanfidiyah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran RA Kartini dalam Pendidikan

Penumpang Keluhkan Pelayanan dan Fasilitas Transportasi Kereta Api Solo

Belajar Hingga Akhir Hayat