Cumlaude Bukan Satu-satunya Faktor Kesuksesan




Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga mengadakan pelepasan calon wisudawan/wisudawati periode III Tahun Akademik 2013/2014 di Convention Hall Lt. 2, Kamis (07/08). Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Sabarudin, mengatakan bahwa calon wisudawan-wisudawati kali ini sebanyak 245 orang, dan 124 diantaranya mendapat predikat cumlaude. “Ini berarti lebih dari 50 persen mendapat predikat cumlaude,” katanya.
Ia pun membacakan rincian calon wisudawan/wisudawati dari masing-masing jurusan dan program studi (prodi), yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Kependidikan Islam (KI)/Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI).
“Berikut saya bacakan rinciannya: PAI sebanyak 93 orang, 58 di antaranya cumlaude; KI/MPI sebanyak 54 orang, 15 di antaranya cumlaude; PBA sebanyak 51 orang, 15 di antaranya cumlaude; dan PGMI sebanyak 47 orang, 36 di antaranya cumlaude,” paparnya.
Adapun wisudawan/wisudawati terbaik dari masing-masing jurusan dan prodi adalah Rizki Setiawati dari PAI dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 3,79; Nafiatul Fadilah dari PBA dengan IPK 3,72; Dhiaul Milla dari KI dengan IPK 3,63; dan Yetti Maulana Oktaviani dari PGMI dengan IPK 3,92.
“Dengan begitu, wisudawan/wisudawati terbaik kali ini diraih oleh Yetti Maulana Oktaviani dengan IPK 3,92”, ungkap Sabarudin saat membacakan laporannya.
Namun, perlu diingat bahwa IPK tinggi (predikat cumlaude) tidak serta-merta menentukan kesuksesan seseorang. “Masih bagian dari kecerdasaan intelektual, hanya memberi kontribusi sebesar 20 persen, yang 80 persen faktor lain. Bahkan ada yang menyebut (80 persennya –red) kecerdasan emosional,” papar Hamruni selaku Dekan FITK saat menyampaikan sambutannya.
Imron

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran RA Kartini dalam Pendidikan

Penumpang Keluhkan Pelayanan dan Fasilitas Transportasi Kereta Api Solo

Belajar Hingga Akhir Hayat