Tanggung Jawab Moral Embel-embel ‘I’





UIN, Paradigma Online - Sebagai wisudawan/wisudawati Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, ada tanggung jawab moral yang mesti dipenuhi. Hal ini disampaikan Machasin, selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga dalam pidatonya.


“Di antara saudara mesti memiliki kebanggaan terhadap UIN yang telah menjadi wadah dalam mencari ilmu dan sebagai lulusan diploma dan sarjana. Saudara mempunyai beban moral. Terlebih ada kata ‘I’ di dalam gelar yang berarti Islam,” jelas Machasin dalam pidatonya.


Kampus UIN Sunan Kalijaga mengadakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Periode I di Gedung Multi Purpose (MP). Adapun pelaksanaannya dibagi menjadi dua sesi, yaitu Jum’at (27/11) dan Sabtu (28/11).


Disampaikan Machasin, bahwa jumlah wisudawan/wisudawati untuk periode ini sebanyak 888 mahasiswa, dengan rincian Diploma 3 (D3) sebanyak 1 orang, Strata 1 (S1) 775 orang, Strata 2 (S2) 100 orang dan Strata 3 (S3) 12 orang.


“Dari 12 wisudawan S3, ada salah satu rektor di Bengkulu yang hari ini diwisuda, papar Machasin.


Ia juga menambahkan, jumlah wisudawan/wisudawati yang memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) di bawah 3.00 minim, bahkan tidak mencapai 10%.


“Hanya 8,39% yang IPK-nya di bawah 3.00,” imbuh Machasin. [Rena]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran RA Kartini dalam Pendidikan

Penumpang Keluhkan Pelayanan dan Fasilitas Transportasi Kereta Api Solo

Belajar Hingga Akhir Hayat