MPI Adakan Penelitian Manajemen Sekolah di MA dan MTs Jogja

Tarbiyah, Paradigma online - Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Sunan Kalijaga mengadakan mini riset dalam perkuliahan Filsafat Manajemen. Salah satu tugas akhir di semester 3 tahun 2015 dari mata kuliah tersebut, mahasiswa diwajibkan untuk mengadakan mini riset di MA Salafiyah Wahid Hasyim, MA Assalafiyyah Mlangi, Mts N Maguwoharjo, dan MTs N Lab UIN Jogja. Riset juga diadakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ummah Kotagede dan Wahid Hasyim Condong Catur.

Kegiatan ini diadakan sejak tanggal 20 September sampai 8 Desember 2015. Kegiatan dibagi dalam kelompok kerja yang telah dibagi oleh Bapak Zainal Arifin, M.SI, Sekertaris Prodi MPI sekaligus dosen pengampu Mata Kuliah Filsafat Manajemen.
Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana ideologi dan sistem dalam praktek manajerial di madrasah dan pondok pesantren di Yogyakarta.

Dengan mengadakan teknik wawancara, dokumentasi, dan studi lapangan pada setiap madrasah dan pondok pesantren, mahasiswa MPI sangat antusias dalam pengumpulan data yang nantinya akan dianalisa serta dikolerasi dengan beberapa teori mengenai manajemen sekolah seperti teori manajemen sumber daya manusia, manajemen peserta didik,  manajemen sarpras, manajemen keuangan dan sebagainya.

Dari penelitian ini, Bapak Zainal  mengharapkan mahasiswa bisa mempelajari dan mulai akrab mengenai penelitian serta persiapan menjelang Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Latihan Profesi (PLP) serta penelitian tingkat lanjut yaitu membuat skripsi.
Selain itu, melalui mini riset ini mahasiswa diharapkan terbiasa untuk berbaur di masyarakat dan instansi pendidikan formal maupun non formal.

Setelah kegiatan mini riset yang mahasiswa lakukan, tugas selanjutnya yaitu membuat laporan penelitian. Hasil penelitian dibuat makalah yang nantinya dipresentasikan pada perkuliahan dalam kelas.

“Kegiatan mini riset sangatlah membantu dalam hal mempersiapkan skill menghadapi KKN dan PLP karena dengan studi lapangan mahasiswa menjadi lebih dini tau akan hal-hal yang cocok dijadikan program KKN-nya serta tema skripsi yang hendak diajukan,” ujar Ridwan Alawi, ketua kelas Mata Kuliah Filsafat Manajemen.

Kegiatan mini riset ini juga mendapat respons positif dari pihak madrasah karena pengembangan dan kerjasama ke depanya seperti mengadakan event pendidikan di madrasah ke depanya selalu dinantikan. [Poniman] 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran RA Kartini dalam Pendidikan

Penumpang Keluhkan Pelayanan dan Fasilitas Transportasi Kereta Api Solo

Belajar Hingga Akhir Hayat