Bimtek Teknologi Informasi Mendorong Perpustakaan Desa Berbasis Digital




Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman mengadakan Bimtek Teknologi Informasi yang diperuntukkan untuk pengelola perpustakaan desa. Bimtek tersebut dilaksanakan selama empat hari dimulai pada 20 s/d 23 Maret 2017 di Oop Room yang terletak di sebelah lapangan Pemkab Sleman. Materi yang disampaikan pada Bimtek tahun ini yaitu seputar TI (Teknologi Informasi). Kegiatan ini bertujuan memacu  munculnya perpustakaan yang berbasis iterasi informasi secara digital.

Peserta yang dihadirkan dalam pelatihan tersebut berasal dari Perpustakaan Desa atau TBM (Taman Baca Masyarakat) yang tersebar di wilayah Sleman. Masing-masing instansi mengirimkan satu delegasi.

Seperti yang disampaikan oleh panitia acara Yusron bahwa, “Delegasi perpustakaan desa yang diundang untuk menghadiri bimtek yaitu 86 orang yang berdomisili di wilayah Sleman. Peserta delegasi tersebut dibagi untuk mengikuti pelatihan selama dua hari. “Sedikit ilmu  yang didapat dari pelatihan  ini  bisa diterima. Peserta juga diharapkan dapat hadir kembali pada bimtek tahun depan karena  pelatihan  hari ini akan berlanjut,” tambahnya.

Namun, menurut salah satu peserta Ratri yang berasal dari Perpustakaan Mentari, “Peserta yang ikut bimtek kurang profesional, ada yang hanya ikut satu hari saja tidak genap dua hari, yang jelas dari panitia sudah maksimal.” Peserta yang  tidak mengikuti  pelatihan  sampai akhir meminta izin dengan  berbagai alasan. Bahkan ada yang hanya datang di hari terakhir, sehingga materi yang diterima tidak lengkap.

Di sesi terkahir pelatiham ini peserta dibimbing untuk menginstal software  SLIM yang bisa digunakan untuk input data buku secara online. Sistem ini memudahkan bagi pemustaka saat
mencari koleksi buku atau melakukan sirkulasi (peminjaman dan pengembalian buku). Selain
itu, inventaris dan katalogisasi juga bisa dilakukan dengan instan tanpa harus mengetik manual.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Herawati menyampaikan beberapa petuah saat menutup acara Bimtek tersebut, “Monggo  kita lebih semangat lagi mengembangkan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca. ”Selain itu, Ibu Herawati juga memberikan sosialisasi terkait Lomba Perpustkaan yang akan segera dilaksanakan.

Penulis,

Ine Wulandari, Pimpinan Umum LPM Paradigma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran RA Kartini dalam Pendidikan

Penumpang Keluhkan Pelayanan dan Fasilitas Transportasi Kereta Api Solo

Belajar Hingga Akhir Hayat