Menjawab Tantangan Zaman, MPI Selenggarakan Public Lecture Bertemakan Pesantren




Program Studi  Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan Public Lecture yang bertemakan “Pesantren and International Islamic School” guna menjawab keresahan dan tantangan serta peluang tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan hari Jumat, (17/3) di Ruang Teatrikal FITK tersebut dihadiri oleh sekitar 200 mahasiswa/i MPI. Dengan mengundang narasumber dari Malaysia yaitu Ahmad Fathoni, Ph.D selaku Direktur Seven Skies Internasional Malaysia dan Kyai Irwan Masduqi, Lc., M.Hum selaku Pimpinan Ponpes Assalafiyah Mlangi, Yogyakarta.
Dalam sambutannya Dr. Ahmad Arifi, M.Ag menyampaikan bahwa lembaga pendidikan Islam seperti Pesantren menjadi lembaga pendidikan tertua di Indonesia. “Pesantren dari dahulu hingga sekarang telah berperan penting dalam menjaga nilai budaya bangsa dan nilai-nilai keIslaman yang rahmatan lil’alamiin terutama penanaman nilai-nilai karakter akhlakul karimah pada santri” sambut Dr. Ahmad Arifi, M.Ag selaku dekan FITK.
Walaupun kini pesantren mulai menggarap bidang pendidikan formal atau terintegrasi dengan sekolah umum sebagai bentuk moderinitas lembaga pendidikan Islam. Namun, perkembangan dunia pesantren harus tetap menjaga karakteristik budaya kepesantrenan seperti menghormati sang kyai (ta’dzim) sebagai proses pendidikan karakter serta kajian kitab kuning. Selain itu, lembaga pendidikan Islam juga perlu membekali para siswa dan santrinya dengan ketrampilan life skill seperti entrepreneurship dan kemandirian guna menyiapkan generasi yang kreatif, inovatif, dan produktif dalam menghadapi persaingan dunia kerja (MEA).
Jajaran Dekanat FITK dan Prodi MPI sangat mengapresiasi atas terselenggaranya public lecture ini. Semoga melalui public lecture kali ini dapat membuka wawasan baru bagi mahasiswa/i MPI selaku calon entrepreneur pendidikan dan pengelola lembaga pendidikan Islam kedepannya. Almuni Prodi MPI diharapkan mampu menjadi problem solving masyarakat khususnya dalam pengelolaan pendidikan Islam dengan mengintegrasikan keilmuan pesantren dan ilmu umum lainnya.


Penulis,

Poniman, Pimpinan Redaksi LPM Paradigma UIN SUKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran RA Kartini dalam Pendidikan

Penumpang Keluhkan Pelayanan dan Fasilitas Transportasi Kereta Api Solo

Belajar Hingga Akhir Hayat